Ujian Skripsi di Jurusan Agroteknologi Universitas Lampung, apa sih rasanya? (Pengalaman pribadi)

Assalamualaikum reader:) akhirnya aku bisa balik nulis lagi setelah kemaren ribet mau ujian skripsi hehe. Apa sih yang mau aku bahas kali ini? Aku mau curhat tentang ujian aku aja kali ya.

Sebelum membahas, aku mau ngasih tau klo aku Mahasiswi Universitas Lampung, Fakultas Pertanian, Jurusan Agroteknologi (Konsentrasi Hortikultura). Wahhh keren bgt gasih jadi sekarang jadi Bachelor of Agriculture Faculty hihi.

Aku mau cerita sedikit nih gimana rasanya ujian skripsi di jurusan aku yaitu Agroteknologi. Aku pribadi sih ngerasa enaaak bgt waktu ujian, karena Alhamdulillah dosennya baik dan ngertiin kita banget, para dosen paham kemampuan kita tuh sampe mana (jadi maksudnya kamu gak pinter ya khar? Hahahaha:p). Kenapa aku bisa bilang ujian skripsi itu enak (versi aku) karena saat kita bingung atau gak tau jawabannya, para dosen tuh kaya mancing-mancing gitu, bahasa halusnya mengarahkan, agar kita paham dan bisa jawab. Klo kita emang bener-bener gak tau ya mereka akan ngasih penjelasan, karena ujian skripsi juga sebagai moment untuk kuliah terakhir.

Jauh banget dari pikiran aku, aku pikir ujian skripsi susah dan bikin kita semakin terlihat gak mampu,. Jujur aku H-3 mulai stress dan drop karena rasa takut, takut gak bisa jawab dan berakhir dengan gak lulus. Ternyata enggak, yang penting kita mempersiapkan diri dengan paham akan skripsi kita, banyak belajar, banyak-banyak membaca, dan banyak tanya ke kakak tingkat atau temen yang udah ujian duluan dengan dosen tersebut (karena karakter dosen kan beda-beda tuh), klo perlu lakukan Q&A dengan sahabat kamu tentang materi kuliah dan skripsi kamu, dannnn jangan lupa persiapkan diri kamu dengan doa ya guys! Nah klo diri kamu udah siap, InsyaaAllah dimudahkan saat ujian nanti.

Teknis ujian di jurusan aku tuh kita (mahasiswa) berhadapan langsung dengan tiga dosen. Dosen pertama sebagai Pembimbing Utama, dosen kedua sebagai Pembimbing Kedua, dan dosen ketiga sebagai Dosen Penguji. Tapi saat ujian, semua dosen jadi “Dosen Penguji”. Hmmmm. Pertama, Pembimbing Utama akan melakukan pembukaan, setelah itu kita presentasi tentang skripsi kita, dan akhirnya dilakukanlah pemberian pertanyaan-pertanyaan yang tak terduga dari para dosen :). Dan tau gak sih, klo aku kmaren nangis di depan para dosen setelah ujian karena terharu akan mendapat gelar S.P. hahahaha

Klo ditanya enakan seminar atau ujian skrisi, aku bingung, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing haha. Pokoknya kita sebagai mahasiswa harus semangat dan jangan takut untuk menghadapi semua proses yang menurut kebanyakan orang itu “menakutkan”. Tenang aja, Allah kan janjiin kita klo Allah tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan umatnya. Bismillah saja

Untuk yang belum ujian skripsi atau masih menjalani perkuliahan, jangan mager dan tetap semangat ya!!
Thnks for reading. Doain lala wisuda Mei ya, AMIN;)

Thnks to:
Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia kepada hamba-Nya. Terimakasih kepada Ayah, Ibu, Adik, keluarga besar, Ibu Prof. Dr. Ir. Dermiyati, M.Agr.Sc., Bpk Ir. Kus Hendarto, M.S., Bpk Ir. Yohannes Cahya Ginting M.P., dan teman-teman yang sudah memberikan doa serta support hingga sampai saat ini.









2 comments: